Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22398
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANGGRAINI, MELISA-
dc.date.accessioned2023-11-21T10:17:07Z-
dc.date.available2023-11-21T10:17:07Z-
dc.date.issued2023-11-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22398-
dc.description.abstractProfesionalisme guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada intinya berperan untuk menggali potensi yang ada pada guru, sekolah, dan peserta didik untuk berinovasi dalam meningkatkan kualitas secara mandiri. Namun, hal ini bukan tugas yang mudah bagi guru, untuk dapat menghasilkan siswa yang berkualitas kompetensi pengelolaan guru lebih difokuskan pada kompetensi profesionalisme guru dalam mendidik peserta didik. Profesionalitas seorang pendidik menjamin kebehasilan atas kebijakan baru yang diberlakukan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI). Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan teknik analisis data melalui proses: pengumpulan data, reduksi data, selanjutnya disajikan yang dilanjutkan dengan penarikan simpulan data sesuai dengan permasalahan yang telah diteliti. Hasil penelitian yang didapatkan : 1. Konsep pola pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka belajar melalui refleksi pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas yang didapatkan melalui pekan bahtera dan ekstrakurikuler. 2. Profesionalisme guru dalam penerapan kurikulum belajara mata pelajaran PAI tentunya memenuhi standarisasi kriteria guru yang profesional yang didukung dengan pengalaman mengajar dan sertifikasi keguruan. 3. Upaya yang dilakukan sekolah dan guru sebagai fasilitator kurikulum merdeka belajar tentunya menciptakan karakter pada peserta didik yang didukung dengan fasilitas yang berkaitan denga konsep pembelajaran merdeka belajaren_US
dc.subjectProfesionalisme Guruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKurikulum Pendidikanen_US
dc.titlePROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPT SMP NEGERI 5 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MELISA.pdfFull Text3.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.