Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22397
Title: Penggunaan Metode Talaqqi Berbantu Media Iqra’ Klasikal Pada Program Tahsinul Qur’an Di Ma’had Fajar Islam.
Authors: Dzikri, Hafaztha
Keywords: Metode Talaqqi;Iqra’ Klasikal;Tahsinul Qur’an
Issue Date: 21-Nov-2023
Abstract: Proses pembelajaran akan lebih efektif dengan adanya media pembelajaran. Begitupula dengan pembelajaran tahsinul Qur’an yang membutuhkan media pembelajaran seperti iqra’ klasikal, maka peran iqra’ klasikal sebagai media pembelajaran sangat penting agar proses pembelajaran tahsinul Qur’an bisa menjadi lebih efektif dan efesien. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan metode talaqqi pada pembelajaran tahsinul Qur’an berbantu media iqra’ klasikal dan mengetahui apakah iqra’ klasikal dapat membantu kinerja pembelajaran tahsinul Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka dari sumber-sumber yang mendukung peneliti dalam melaksanakan penelitian dan test yang digunakan untuk melihat hasil perbandingan antara iqra’ biasa dengan iqra’ klasikal, serta menggunakan analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan metode talaqqi memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan atau persiapan guna mengetahui kemampuan murid agar pada saat proses pembelajaran berlangsung guru sudah menentukan cara seperti apa dalam mengajar, tahapan pelaksanaan dimana guru telah menggunakan cara yang tepat dalam mengajar, dan tahapan evaluasi guna mengetahui sudah sejauh mana perkembangan murid, dan sebagai media pembelajaran tahsinul Qur’an bahwa iqra’ klasikal lebih efektif karena dapat meminimalisir waktu, dan efesien karena memiliki test submatif sebagai ujian pada tiap pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui apakah murid sudah paham dengan ilmu yang telah dipelajari.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22397
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_1801020167.pdfFull Text3.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.