Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22387
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRISKA, CINTA WIDYA-
dc.date.accessioned2023-11-21T09:39:42Z-
dc.date.available2023-11-21T09:39:42Z-
dc.date.issued2023-11-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22387-
dc.description.abstractMedia pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu terlaksananya proses belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan memberikan manfaat yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar ternyata dapat dikaitkan dengan kajian bidang ilmu komunikasi, yaitu melihat bagaimana proses komunikasi interpersonal yang dilakukan guru kepada anak didik dengan menggunakan boneka tangan sebagai media komunikasi pembelajaran di TK Zahrah Humairah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal guru kepada anak dan untuk mengetahui hambatan komunikasi antara guru dengan anak TK Zahrah Humairah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Narasumber penelitian terdiri dari 5 (lima) orang diantaranya 3 (tiga) orang guru dan 2 (dua) orang tua murid. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui observasi,wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi, kemudian keseluruhan data diklasifikasikan kedalam beberapa kategori tertentu dengan mempertimbangkan kebenaran data (valid) dengan melakukan penyeleksian data dan reduksi data. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka hasil dari penelitian ini adalah komunikasi interpersonal guru dan anak berjalan dengan baik dan langsung mendapatkan umpan balik dari anak. Hal itu dikarenakan sebelum menggunakan media boneka tangan rasa ingin tahu anak tidak seperti setelah menggunakan media boneka tangan. Dan ketika menerapkan teori komunikasi pembelajaran yang bersifat komunikatif, persuasif, edukatif dan repretif maka dapat menambah minat belajar anak dan anak menjadi sering bertanya pada saat guru menerapkan teori komunikasi dengan media boneka tangan.en_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.titlePENGGUNAAN BONEKA TANGAN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BAGI ANAK TK ZAHRAH HUMAIRAH DESA HUTA RAO KABUPATEN ASAHANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CINTA WIDYA RISKA.pdfFull Text2.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.