Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22378
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS XII MA AISYIYAH BINJAI
Authors: AMANDA, VEBY YOLLA
Keywords: Based Learning;Kemampuan Berpikir Kritis
Issue Date: 21-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerepan model pembelajaran Problem Based Learning, dan pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Subjek penelitian ini adalah kelas XII MA Aisyiyah Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain Quasi Eksperimen dimana teknik pengumpulan data berupa Tes, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII berjumlah 76 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian kelas XII-A (kelas Eksperimen) sejumlah 38 siswa dan kelas XII-B (kelas kontrol) sejumlah 38 orang. Berdasarkan perhitungan uji-t terlihat kelas eksperimen dan kontrol memiliki thitung sebesar 13,225 dengan ttabel 2,000 sehingga nilai signifikan (2-tailed) dan hasil uji T-Test dari kedua kelas didapat nilai sebesar 0,000. Maka hipotesis nol Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima karena pada kriteria uji T-Test signifikannya < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22378
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1901020096.pdfFull Text4.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.