Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22339
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANGGRAINI, ELZA-
dc.date.accessioned2023-11-21T04:25:51Z-
dc.date.available2023-11-21T04:25:51Z-
dc.date.issued2023-11-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22339-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: menganalisis penerapan nilai-nilai moral pada pembelajaran PKn dan kendala dalam penerapan nilai-nilai moral pada pembelajaran PKn pada siswa kelas IV di SDN 060872 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 060872 Medan. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan siswa sudah menerapkan nilai-nilai moral pada pembelajaran PKn siswa kelas IV di SDN 060872 Medan. Guru menerapkan nilai moral dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bercerita dan pembiasaan kepada siswa. Nilai-nilai moral yang diterapkan oleh guru dan siswa yaitu bersikap sopan santun, mempunyai kejujuran yang tinggi, bersikap disiplin, mempunyai rasa toleransi, mampu bertanggung jawab, dan mencintai tanah air. Serta kendala yang ada dalam penerapan nilai moral yaitu pertama, dalam lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan siswa, dan penggunaan teknologi yang berlebihan dan tanpa pengawasan orang dewasa. Sehingga solusi yang dapat diberikan guru kepada orang tua yaitu untuk orang tua harus memberikan contoh dan perilaku baik kepada anak selama di rumah, memberikan perhatian serta pengawasan kepada anak dalam pergaulan pertemanan dan penggunaan teknologi.en_US
dc.subjectNilai Moralen_US
dc.subjectPembelajaran PKnen_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN NILAI MORAL PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV DI SDN 060872 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ELZA ANGGRAINI.pdfFull Text4.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.