Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22327
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.date.accessioned2023-11-21T04:06:17Z-
dc.date.available2023-11-21T04:06:17Z-
dc.date.issued2023-11-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22327-
dc.description.abstractenelitian ini bertujuan untuk meninjau proses dan pelaksanaan Tilawah Al Qur’an evaluasi dengan model CIPP. Melalui program Tilawah Al- Qur’an siswa dapat bertambah wawasan mengenai pengetahuan cara membaca, melafalkan dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan seperti mahkorijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid, dan ghorib sehingga tidak terjadi perubahan makna.Penelitian ini permasalahan terfokus pada kajian Evaluasi Sistem CIPP terhadap Program Tilawah Al- Qur’an di MTs Swasta Cendikia. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui: 1) pelaksanaan kegiatan program tilawah al- Qur’an di MTs Swasta Cendekia . 2)mengevaluasi program tilawah al- Qur’an menggunakan sistem CIPP di MTS Swasta Cendekia. Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah: Guru Tahfiz dalam menerapkan tilawah Al-qur’an di MTs Swasta Cendekia. Teknik pengumpul data yang diperlukan ialah observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.” Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan program tilawah al Qur’an di MTS Swasta Cendikia dilaksanakan dengan mengunakan dua metode, yaitu metode Iqra’ dan Al-Baghdadi 2)Evaluasi program tilawah al- Qur’an menggunakan sistem CIPP di MTs Swasta Cendikia yaitu dengan menggunakan Evaluasi Context (konteks) yaitu guru modul berisikan materi-materi, ulangan dan tugas. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan evaluasi konteks ini dilakukan untuk melihat bagaimana pemahaman siswa dan sebagai bahan refleksibagi guru. Pada Evaluasi Input (masukan) guru mengadakan evaluasi masukan kepada siswa, dengan demikian guru menilai efektif atau tidakkah program tersebut. Ketiga, Evaluasi Process (proses) pelaksanaan strategi dan penggunaan sarana / modal bahan dalam kegiatan nyata lapangan. Selanjutnya, Evaluasi Product, fokus pada pengukuran keberhasilan.en_US
dc.subjectEvaluasi, Program Baca Tulis Al-Qur’an dan Model CIPPen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TILAWAH QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI MTS SWASTA CENDEKIAen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Elysa_1901020282.pdf4.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.