Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22308
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 067260 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 |
Authors: | Anglin, Yulia |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning;Kemampuan Berpikir Kritsi Siswa |
Issue Date: | 18-Sep-2023 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritsinya dalam proses pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 067260 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 067260 Medan kelas IV yang berjumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 63 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil anasis uji t (independent t-tes) diperoleh hasil yang signifikansi (sig.2- tailed)0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 067260 Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas eksperimen yaitu 82,52. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan model pembelajaran problem based learning yaitu 70,62. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22308 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI YULIA.pdf | 4.18 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.