Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22295
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIZKY, YULIA-
dc.date.accessioned2023-11-21T02:43:40Z-
dc.date.available2023-11-21T02:43:40Z-
dc.date.issued2023-11-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22295-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan numerasi literasinya masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu memahami konsep numerasi dan belum menguasai lambang bilangan matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap numerasi literasi siswa kelas III UPDT SD Negeri 16 Perkebunan Teluk Panji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa dan kelas III B sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share berpengaruh terhadap numerasi literasi siswa, karena pada analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap numerasi literasi siswa kelas III UPDT SD Negeri 16 Perkebunan Teluk Panji. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran think pair share di kelas eksperimen yaitu 82,65. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan perlakuan dengan model pembelajaran think pair share yaitu 49,53. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran think pair share.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Think Pair Share, Numerasi Literasi Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP NUMERASI LITERASI SISWA KELAS III UPDT SD NEGERI 16 PERKEBUNAN TELUK PANJIen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
file untuk CD-1.pdf4.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.