Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22273
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorADINDA, FAHIRA SETIAWAN-
dc.date.accessioned2023-11-21T02:06:37Z-
dc.date.available2023-11-21T02:06:37Z-
dc.date.issued2023-09-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22273-
dc.description.abstractOptimalisasi pelayanan pengecekan sertipikat pertanahan secara online oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah adalah adanya pergeseran menuju layanan pertanahan yang lebih efisien dan modern melalui penggunaan teknologi online. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi pertanahan, Kantor Pertanahan Kota Medan telah memperkenalkan sistem pengecekan sertifikat pertanahan secara online. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengoptimalkan pelayanan tersebut agar memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberikan manfaat yang maksimal. Penelitian ini untuk mengetahui sistem pelayanan pengecekan sertifikat pertanahan secara online oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah, keadaan yang menghambat yang ditemui dalam pelaksanaan pelayanan pengecekan sertifikat pertanahan secara online oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah, serta kendala hukum yang membatasi dalam pelaksanaan pelayanan pengecekan sertifikat pertanahan secara online oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah. Metode penetian ini menggunakan jenis penelitian yuridis normatif dengan data hukum Islam, data primer dan data sekunder yang diperoleh secara studi kepustakaan (library research) dan studi lapangan dengan melakukan wawancara. Kemudian, data diolah dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sistem pelayanan pengecekan sertifikat pertanahan secara online oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) adalah sebuah langkah positif dalam modernisasi layanan pertanahan, dengan potensi untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan transparansi dalam pelayanan informasi pertanahan. Proses ini memberikan manfaat bagi PPAT dalam meringankan pekerjaan mereka dan meningkatkan akurasi informasi. Namun, tantangan dalam pelaksanaannya, seperti kendala hukum yang meliputi regulasi yang tidak memadai, kurangnya pemahaman hukum, serta masalah infrastruktur dan mentalitas petugas, perlu diatasi untuk memastikan keberhasilan transformasi digital ini dan memaksimalkan manfaatnya. Demikian pula, permasalahan dalam Badan Pertanahan Nasional (BPN) seperti validasi data yang lambat dan keraguan dalam penanganan sengketa juga harus mendapatkan perhatian serius dalam upaya pembenahan.en_US
dc.subjectKantor Pertanahanen_US
dc.subjectPengecekan Sertifikaten_US
dc.subjectPejabat Pembuat Akta Tanahen_US
dc.titleOPTIMALISASI PELAYANAN PENGECEKAN SERTIPIKAT PERTANAHAN SECARA ONLINE OLEH PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (Studi di Kantor Pertanahan Kota Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Adinda Fahira Setiawan 1906200478.pdfFull Text3.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.