Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22271
Title: Pengembangan LKPD Berbasis Animasi Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran Di SMP Swasta PAB 19 Manunggal
Authors: Rosdillawati, Ella
Keywords: Pengembangan;LKPD;Penemuan Terbimbing
Issue Date: 4-Oct-2023
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengembangkan LKPD berbasis 2D (2 Dimensi), untuk mengetahui dampak dari pengembangan LKPD mamtematika berbasis dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, untuk mengetahui respon peserta didik dalam pengembangan LKPD berbasis kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall. Diperoleh hasil penelitian yaitu, 1) Pengembangan LKPD berbasis animasi dengan menggunakan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran terdiri dari 9 langkah dari model pengembangan Borg and Gall. Adapun 9 langkah itu adalah : Research and information collecting, Planning, Develop preliminary form of product, Preliminary field testing, Operation Field Testing, Operational Product Revision, Main field testing, Main product revision, Final product revision sementara tahap dissemination tidak dilakukan karena mengingat keterbatasan waktu dan biaya penulis dalam penelitian ini. 2) Respon peserta didik dalam pengembangan LKPD berbasis animasi dengan menggunakan model penemuan terbimbing terhada kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran dimana dari hasil uji coba pertama diperoleh skor 672 dan persentase 84% artinya produk pengembangan LKPD berbasis animasi dengan model penemuan terbimbing dalam kategori Sangat Layak. Dari hasil uji coba kelompok besar dimana diperoleh skor 1393, dengan persentase 96,73%. Maka produk pengembangan LKPD berbasis animasi berbasis model penemuan terbimbing adalah dalam kategori Sangat Layak. 3) Kelayakan pengembangan LKPD berbasis animasi dengan menggunakan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran diperoleh dari hasil validasi ahli pada uji coba kelompok kecil maka diperoleh bahwa ahli media memperoleh persentase 85% maka produk pengembangan dinyatakan sangat layak. Kemudian ahli materi memperoleh persentase 5% maka produk pengembangan dinyatakan sangat layak. Dan ahli RPP memperoleh persentase 92,9% dengan kategori produk pengembangan dinyatakan sangat layak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22271
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ELLA ROSDILAWATI.pdf3.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.