Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22261
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.author-, WINDY-
dc.date.accessioned2023-11-21T01:15:35Z-
dc.date.available2023-11-21T01:15:35Z-
dc.date.issued2023-11-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22261-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMK YAPIM Taruna Marelan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari kelas XI-TKJ1, XI-TKJ2, XI-TKJ3, XI-TKR1, dan XI-TKR2 yang berjumlah 136 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-TKJ2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas XI-TKJ1 ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tertulis. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 78,70 yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 14 orang (45,16%), siswa memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 14 orang (45,16%), dan siswa memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 3 orang (9,67%) oleh siswa kelas XI SMK YAPIM Taruna Marelan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Nilai rata-rata sebesar 49,375 yang berada pada kategori kurang yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan rincian siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 1 orang (3,125%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 2 orang (6,25%), siswa yang memperoleh nilai 40-55 dikategorikan kurang sebanyak 24 orang (75%), dan siswa yang memperoleh nilai <39 dikategorikan sangat kurang sebanyak 5 orang (15,625%). Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih berpengaruh dalam menulis naskah drama dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 9,5349 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan ɑ = 5% dengan Db = n1 + n2 – 2 = 61 maka diperoleh ttabel = 1,670. Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 9,5349 > 1,670 maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMK YAPIM Taruna Marelan tahun pembelajaran 2022/2023.en_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL)en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMK YAPIM TARUNA MARELAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Windy (1902040066).pdfFull Text3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.