Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22252
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANANDA, TIARA SILVIA-
dc.date.accessioned2023-11-20T13:17:28Z-
dc.date.available2023-11-20T13:17:28Z-
dc.date.issued2023-11-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22252-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian penguatan guru terhadap keaktifan belajar siswa pada Kelas IV SD Swasta Al-Amjad Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas 4 Imam Bukhari SD Swasta Al-Amjad Medan Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji keabsahan data, uji persyaratan analisis dan juga uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian penguatan guru (X) terhadap keaktifan belajar (Y) pada siswa Kelas IV SD Swasta Al-Amjad Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini diketahui dimana nilai thitung untuk variabel penguatan guru (X) adalah 3.617. Sedangkan nilai t-tabel yaitu df = n-k, yaitu 30-2 = 28, maka didapat t-tabel sebesar 1.70113, sehingga t-hitung>t-tabel (3.617>1.70113), dengan nilai sig a=0,001 (0,001<0,05). Hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,318 yang artinya pengaruh variabel penguatan guru (X) terhadap variabel keaktifan belajar siswa (Y) sebesar 31,8% (0,318 x 100%) dengan kategori rendah. Sedangkan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.subjectPenguatanen_US
dc.subjectKeaktifan Belajaren_US
dc.titleHUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA AL-AMJAD MEDAN TA 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TIARA SILVIA.pdfFull Text4.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.