Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22245
Title: PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DIKOTA MEDAN
Authors: ANDINI, VINKI
Keywords: Pemasaran Digital;Ekonomi Islam
Issue Date: 20-Nov-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran digital marketing dalam menghasilkan pendapatan UMKM di Kota Medan dalam perspektif ekonomi syariah. Metodologi kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Pemanfaatan teknologi khususnya pemasaran digital yang digunakan oleh UMKM di Kota Medan telah berkembang secara signifikan. Sesuai temuan penelitian yang dilakukan terhadap banyak UMKM di Kota Medan, antara lain UMKM sektor makanan dan minuman dengan nama usaha Ersyahta Dimsum, Warung Se7 Hasan, dan UMKM sektor kerajinan tangan dengan nama usaha Mafaza Gift. Ketiga pelaku perusahaan tersebut meyakini bahwa digital marketing dapat meningkatkan penjualan sehingga meningkatkan pendapatan/keuntungan, serta dapat menjangkau dan memudahkan pembeli memperoleh informasi yang diberikan di media sosial. Tantangan yang dihadapi ketiga pelaku UMKM dalam menerapkan pemasaran digital berasal dari komponen pemasaran seperti produk, harga, orang, tempat, dan promosi. Sedangkan manfaat penerapan digital marketing adalah nama dan produk ketiga bisnis tersebut menjadi lebih dikenal secara umum sehingga menghasilkan peningkatan jumlah uang bisnis yang dihasilkan. Ketiga pelaku UMKM tersebut telah melakukan proses pemasaran sesuai dengan ajaran Islam, yaitu menghindari larangan riba, maisir, gharar, dan penjualan produk haram dalam operasional perusahaannya. Sebagai hasil dari penerapan ini, kepercayaan konsumen terhadap bisnis mungkin meningkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22245
Appears in Collections:Syariah banking

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_VINKI ANDINI_1901270064.pdfFull Text5.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.