Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22221
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFADILLAH, AGUSTINA-
dc.date.accessioned2023-11-20T08:27:34Z-
dc.date.available2023-11-20T08:27:34Z-
dc.date.issued2023-11-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22221-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD Negeri 066659 dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 066659 yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes, 2) observasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata kelas dan data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match yang dilaksanakan dengan menyiapkan kartu pasangan, membagikan kartu kepada siswa, siswa mengerjakan soal pada kartu pasangan, dan mendiskusikan hasil kartu pasangan siswa dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD Negeri 066659. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan siswa dan hasil tes evaluasi. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa dari 40% menjadi 60%. Pada siklus II nilai ketuntasan siswa dari 60% menjadi 80%. Sedangkan nilai rata-rata tes evaluasi meningkat dari 58 menjadi 88. Nilai rata-rata tes evalaluasi siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 80% dari siswa telah memperoleh nilai ≥70.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran make a match dan kemampuan literasi numerasien_US
dc.titlePENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS IV SD NEGERI 066659 TAHUN PELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AGUSTINA FADILLAH.pdf3.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.