Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22182
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUSTIKA, RIZKINA-
dc.date.accessioned2023-11-20T02:00:41Z-
dc.date.available2023-11-20T02:00:41Z-
dc.date.issued2023-08-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22182-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode pembelajaran Outdoor Study berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 101071 Dolok Masihul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode Outdoor Study terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 102071 Dolok Masihul. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A Sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas control. Masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Desain penelitian menggunakan test berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 10 butir. Instrument penelitian ini berupa soal tes tentang materi IPA peduli terhadap mahluk hidup. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajara IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan nilai t hitung = 6227 dengan harga ttabel = 2,011 untuk taraf nyata 𝛼 = 0,05 dengan nilai df = 48 menunjukkan bahwa 6227 > 2,011 atau thitung > ttabel. Hal ini dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima.en_US
dc.subjectMetode Outdoor Studyen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 102071 DOLOK MASIHULen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUSTIKA ACC.pdfFull Text6.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.