Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22181
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISKUSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 196 MUARO JAMBI T.A 2022/2023
Authors: Melisa, Putri
Keywords: Kemampuan Diskusi, Model Pembelajaran MIKiR
Issue Date: 20-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan : Untuk meningkatkan kemampuan diskusi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran MIKiR. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan diskusi peserta didik kelas IV SD Negeri 196 Muaro Jambi T.A 2022/2023. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 196 Muaro Jambi yang berjumlah 15 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi aktivitas berdiskusi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan maka siklus I pada lembar observasi guru mendapatkan nilai 40 dan pada siklus II lembar observasi aktivitas guru mendapatkan nilai sebanyak 90. Lalu pada lembar observasi aktivitas siswa untuk siklus I yang tuntas sebanyak 3 siswa (20%) dan tidak tuntas sebanyak 12 siswa (80%). Lalu pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 11 siswa (74%). Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan pada aktivitas dengan model MIKiR pada siswa yaitu sebanyak 14 siswa (93%). Berdasarkan hasil observasi aktivitas berdiskusi pada siklus I yan tuntas sebanyak 3 siswa (20%) . pada siklus II hasil kemampuan diskusi siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (80%). Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan kemampuan berdiskusi siswa yaitu sebanyak 12 siswa (80%) . :
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22181
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI MELISA.pdf3.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.