Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22176
Title: PERAN GURU PPKN DALAM PENGUATAN MORALITAS SISWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI MTS.S AL WASHILIYAH KUALASIMPANG ACEH TAMIANG
Authors: MUHAMMAD, ALIF
Keywords: Strategi Guru PPKN;Mencegah Bullying
Issue Date: 4-Sep-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying di MTs. S Al Washiliyah Kualasimpang Aceh Tamiang , penyebab terjadinya bullying di MTs. S Al Washiliyah Kualasimpang Aceh Tamiang , dan upaya guru dalam mengatasi bullying di MTs. S Al Washiliyah Kualasimpang Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek penelitian adalah Guru PPKn, guru PAI, Guru BK, Kepala Sekolah, Siswa yang melakukan bullying dan siswa korban bullying. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi partisipasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, bullying yang terjadi di MTs. S Al Washiliyah Kualasimpang Aceh Tamiang meliputi bullying fisik (memukul, mencubit dan perkelahian) dan bullying verbal (mengejek, menggertak dan memalak), sementara itu penyebab siswamelakukan bullying di MTs. S Al Washiliyah Kualasimpang Aceh Tamiang adalah karena faktor dari keluarga, faktor dari lingkungan pergaulan dan faktor dari tayangan televisi. Kemudian upaya yang digunakan guru di MTs. S Al Washiliyah Kualasimpang Aceh Tamiang untuk mengatasi bullying adalah (1) memberikan himbauan/ nasehat, (2) melakukan pengawasan, (3) memberikan hukuman, dan (5) bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22176
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD ALIF.pdfFull Text4.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.