Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22167
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCut Raisyah, Nufus Adlina-
dc.date.accessioned2023-11-20T01:43:52Z-
dc.date.available2023-11-20T01:43:52Z-
dc.date.issued2023-09-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22167-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran profil pelajar pancasila pada siswa SMP Negeri 9 Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan metode Project Base Learning. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan informasi tanpa metode project base learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa memiliki profil pelajar pancasila. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki profil pelajar pancasila yang rendah memiliki karakter yang buruk dan sulit diterima oleh masyarakat. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi menggunakan metode Project Base Learning. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi. (3) terdapat perbedaan yang signifikan pengembangan karakter melalui program profil pelajar pancasila siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).en_US
dc.subjectLayanan Informasien_US
dc.subjectMetode Project Based Learningen_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.titleEFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASE LEARNING TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CUT RAISYAH NUFUS ADLINA - 1902080028.pdfFull Text3.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.