Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22159
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRusdi, Fadiya Anisa-
dc.date.accessioned2023-11-20T01:24:19Z-
dc.date.available2023-11-20T01:24:19Z-
dc.date.issued2023-11-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22159-
dc.description.abstractRumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: apakah ada pengaruh dengan menggunakan model pembelajaranWrite Around terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran tematik? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Write Around terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran tematik. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV A dan IV B SDN 068474 Medan yang berjumlah 75 orang siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana siswa kelas IV B SDN 068474 Medan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV A SDN 068474 Medan sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa ketrampilan kolaborasi siswa sebelum menggunakan Model pembelajaran Write Around sangat rendah ini terlihat siswa yang memenuhi nilai KKM hanya 21 orang siswa dan 18 orang lagi belum memenuhi nilai KKM. Ketrampilan kolaborasi siswa setelah menggunakan Model pembelajaran Write Around mengalami peningkatan yang memenuhi nilai KKM sebanyak 35 siswa dan 1 siswa belum memenuhi nilai KKM. Terdapat pengaruh Model pembelajaran Write Around terhadap Ketrampilan kolaborasi Siswa berdasarkan hasil perhitungan pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung sebesar 2,251. Sedangkan untuk ttabel Pada N=75-2 yaitu 1,666. Maka thitung 2,251 > ttabel 1,666.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Write Around, Keterampilan Kolaborasi Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WRITE AROUND TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 068474 MEDANen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Final Skripsi_Fadiya Anisa Rusdi (1).pdf8.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.