Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22151
Title: PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 066659 TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords: Pendekatan Whole Language, Kemampuan Berbicara
Issue Date: 20-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dikelas IV SD Negeri 066659 Young Panah Hijau dengan menggunakan Pendekatan Whole Language.Penelitian ini di laksanakan di Jalan Young Panah Hijau Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan dengan siswa kelas IV Sebanyak 25 siswa. Jenis Penelian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu penelitian yang di lakukan untuk memecahkan masalah dikelas. Menurut (Rahman, 2018-4) penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas, tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktik pembelajaran. kemampuan berbicara siswa sebelum menggunakan pendekatan whole language berdasarkan observasi dengan nilai ketuntasan siswa 28% masih terlalu banyak siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I setelah di terapkan nya pendekatan whole language dengan nilai ketuntasan 40%. Pada siklus II siswa dengan sangat pesat mengalami kenaikan nilai dengan memperoleh nilai ketuntasan 80%. Respon belajar siswa sangat tinggi dan baik setelah menggunakan pendekatan whole language, hal ini terlihat dari meningkatnya kemampuan berbicara siswa melalui diskusi sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan whole language.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22151
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NISRINA.pdf1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.