Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22130
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNovita, Fia-
dc.date.accessioned2023-11-17T08:18:55Z-
dc.date.available2023-11-17T08:18:55Z-
dc.date.issued2023-10-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22130-
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Implementasi Variasi Metode Pada Pembelajaran Al-Qur`an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medan”. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui; (1) Metode pembelajaran apa sajakah yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medan. (2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru dengan berbagai metode mengajar di SMP Muhammadiyah 1 Medan. (3) kendala yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan berbagai macam metode pembelajaran Al-Qur'an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan fild research atau penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif berupa wawancara dengan beberapa narasumber. Dari hasil penelitian berupa wawancara terhadap guru pada pembelajaran Al-Qur`an Hadist dapat peneliti katakan bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di SMP Muhammadiyah 1 Medan bervariasi, metode yang digunakan lebih dari satu seperti, metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode penugasan, metode hafalan dan metode puzzle. Metode ini juga harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan oleh guru, jadi metode yang digunakan guru bervariasi dan disesuaikan dengan materi yang ada pada pembelajaran Al-Qur`an Hadist. Adapun pelaksanaan pembelajaran PAI yang dilakukan oleh guru juga menggunakan metode yang bervariasi sama halnya dengan pembelajaran Al-Qur`an Hadist metode yang digunakan juga harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Dan kendala yang dihadapi oleh guru pada pembelajaran Al-Quran Hadist ialah kurangnya konsentrasi siswa/i, ada juga beberapa kelas yang masih sulit diberitahu seperti berbicara ketika guru sedang menjelaskan. Meskipun demikian penerapan variasi metode pada pembelajaran Al Qur`an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medan sudah berjalan dengan baik dan efektif sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa/i.en_US
dc.subjectImplementasi, Variasi Metode, dan Al-Quran Hadist.en_US
dc.titleImplementasi Variasi Metode Pada Pembelajaran Al-Qur`an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medanen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1901020029 .pdf4.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.