Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22117
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFITRIANTI, DESY-
dc.date.accessioned2023-11-17T07:16:27Z-
dc.date.available2023-11-17T07:16:27Z-
dc.date.issued2023-11-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22117-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan hasil belajar siswa yang rendah,guru kurang dalam menggunakan variasi metode, model dan media pembelajaran, dan siswa terlihat malas dalam memperhatikan guru ketika menjelaskan pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling yaitu jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang menyangkut pre-test dan post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired sampel T-Test yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji hipotesis Paired sampel T-Test mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000<0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 102019 Firdausen_US
dc.subjectTalking Sticken_US
dc.subjectKooperatifen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 102019 FIRDAUSen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Desy Fitrianti.pdf7.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.