Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22088
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWANIATE, RIFQA-
dc.date.accessioned2023-11-17T02:15:09Z-
dc.date.available2023-11-17T02:15:09Z-
dc.date.issued2023-11-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22088-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learng (PBL), pada mata pelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa di kelas VII SMP N 11 Takengon. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan design penelitian pre-test post-test group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelas pembanding. yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VII Smp N 11 Takengon dan tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan menggunakan uji “t”. Berdasarkan perhitungan uji validitas terdapat 15 soal, setelah melakukan uji validitas tersebut > 0,388 maka dinyatakan keseluruhan nya valid, uji reablitas nilai yang di peroleh adalah 0,765 maka dinyatakan reliebel, uji normalitas nilai yang di peroleh adalah 0,200 maka berdistribusi normal. Dan setelah menggunakan uji “t”” ternyata memperoleh nilai 0,00 < 0,05 maka model pembelajara Problem Based Learning tersebut berpengaruh maka dapat dinyatakan Ha di terima hal ini membuktikan bahwa pembelajaran PPKn terhadap kecerdasan kewarganegaraan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectProblem Based learningen_US
dc.subjectKecerdasan Kewarganegaraanen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP KECERDASAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI SMP NEGERI 11 TAKENGON T.A 20222023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIFQA WANIATE (fix) (1).pdfFull Text6.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.