Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22074
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSembring, Muhammad Fajar Sidik-
dc.date.accessioned2023-11-17T01:32:42Z-
dc.date.available2023-11-17T01:32:42Z-
dc.date.issued2023-11-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22074-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. sebelum dan sesudah menggunakan metode create case studies serta ada atau tidaknya pengaruh metode create case studies terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaram sejaraah kebudayaan Islam pada kelas VII di MTs Swasta Nahdhatul Islam Mancang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, dengan Desain penelitian yang digunakan adalah desain ekperimen semu. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dan seluruh peseta didik kelas VII MTs Nahdhatul Islam Mancang. Penelitian ini memproleh hasil yang memperlihatkan terdapatnya pengaruh pada metode create case studies melalui hasil dari perbedaan nilai rata-rata kelas ekperimen 83.16 setelah adanya pemberlakukan media gambar buatan siswa dengan pendapatan nilai rata-rata kelas kontrol 70.36 Sedangkan melalui uji hipotesis menggunakan uji T yang diperoleh nilai thitung sebesar 11.127 dengan signifikansi 0,000 < 0,005 maka dinyatakan terdapatnya pengaruh (Ha) diterima. Setelah adanya metode create case studies pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam semakin meningkat debandingkan hasil sebelumnya, setelah adanya pemberlakukan metode create case studies menunjukkan adanya peningkatan. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII berjumlah 50 orang. Sampel penelitian kelas VIIA (kelas eksperimen) sejumlah 25 siswa dan kelas VIIB (kelas kontrol) sejumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal deng5an pilihan berganda, setiap test diambil melalui proses pembelajaran. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah guru terlalu monoton dalam penggunaan metode pembelajaran di MTs Swasta Nahdhatul Islam Mancang, Sehingga menimbulkan kebosanan dan kejenuhan terhadap siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar atau pencapaian siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Swasta Nahdhatul Islam Mancang.en_US
dc.subjectMetode create case studiesen_US
dc.subjectSejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN METODE CREATE CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI PADA KELAS VII DI MTs SWASTA NAHDHATUL ISLAM MANCANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TERBARU 2023 .pdfFull Text1.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.