Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22072
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Faisal Tammim-
dc.date.accessioned2023-11-17T01:29:25Z-
dc.date.available2023-11-17T01:29:25Z-
dc.date.issued2023-11-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22072-
dc.description.abstractMenghafal al-Qur‟an atau yang lebih dikenal dengan sebutan Taḥfȋẓ. Banyaknya orang yang menghafal Al-Qur‟an merupakan sebuah usaha untuk menjaga kemurniannya serta mengajak orang-orang untuk mengamalkan apa yang sudah diperintahkan dalam Al-Qur‟an. Orang yang menghapal Al-Qur‟an memiliki kedudukan yang paling mulia dan terpuji bagi Allah SWT. Seseorang yang sering menghafal Al-Qur‟an maka dia akan sehat baik jiwa maupun raganya. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif, karena itu metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan konten analisis. Metode kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penggunaan metode kualitatif dalam penelitian ini untuk memahami, mengawasi suatu makna suatu peristiwa situasi sosial, tingkah laku manusia dan latar belakang secara holistik-kontekstual.Berdasarkan observasi penulis di lapangan pada tahap menyetorkan hafalan, guru menerapkan metode takrir yaitu santri mengulang ulang hafalan dan menyetorkan hafalan yang baru dihafal kepada seorang guru atau pembimbing secara bergantian. Faktor pendukung metode takrir ialah Guru/ustazah, guru memiliki peran yang cukup besar dan faktor penghambat metode takrir ialah Kondisi siswa, kondisi pendidik menjadi faktor penghambat yang cukup serius. Dengan adanya metode Takrir, setiap santri diharapkan benar-benar melaksanakan metode tersebut dengan istiqomah yang baik dan sungguh-sungguh serta meningkatkan kedisiplinan dalam setoran maupun tasmi'' (berkelompok). Karena dengan adanya rasa tanggung jawab dan disiplin dari masing-masing santri, itulah yang dapat mengoptimalkan dari pelaksanaan metode Takrir. Dengan demikian akan tercapai apa yang dimaksuden_US
dc.subjectMetode Takrir, Menghafal, Al-Qur„anen_US
dc.titleAnalisis Metode Takrir dalam Menghafal Al-Qur‟an di Ma‟had Tahfiz Al-Qur‟an Bir Walidain Medan Labuhanen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FAISAL TAMMIM NASUTION 1201020091.pdf2.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.