Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22071
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHARAHAP, SITI MALIZA SITI MALIZA-
dc.date.accessioned2023-11-17T01:28:26Z-
dc.date.available2023-11-17T01:28:26Z-
dc.date.issued2023-11-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22071-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi mata pelajaran Ppkn dalam mengembangkan karakter solidaritas siswa kelas XI SMA Negeri 12 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif teknik pengumpulan datanya adalah wawancara dan observasi. Penanaman sikap solidaritas amat sangat penting diberikan terhadap siswa agar para siswa mempunyai kecerdasan IQ dan social yang seimbang (balance). Upaya-upaya sekolah dalam membentuk solidaritas siswa dengan membuat program-program kegiatan yang meliputi: (1) Bidang keagamaan, Seperti tausiyah mingguan, peringatan maulid Nabi, dan shalat jum’at bersama. (2) Bidang Sosial, seperti bakti social, pengumpulan dana spontanitas, dan infak. (3) Pembinaan ekstra kurikuler. Upaya-upaya tersebut merupakan sebagian kecil pendidikan solidaritas yang diberikan sekolah terhadap siswa namun pendidikan solidaritas yang paling efektif adalah keteladanan yang istiqamah dari para pendidik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sekolah sangat berperan sekali dalam membentuk solidaritas siswa di sekolah dan di luar sekolah.en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectGuru PPknen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SOLIDARITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi fix siti maliza hrp-pdf.pdfFull Text4.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.