Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22041
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRitonga, Windy Anggi-
dc.date.accessioned2023-11-16T10:30:42Z-
dc.date.available2023-11-16T10:30:42Z-
dc.date.issued2023-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22041-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi siswa dengan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran PKN Kelas V SDN 101744 Desa Klambir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas V-A SDN 101744 Desa Klambir yang berjumlah 15 laki laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Peningkatan komunikasi siswa dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu sebesar 46,15% dan pada siklus II sebesar 92,31% yang berarti terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 46,16%. Nilai rata-rata pada komunikasi siswa berdasarkan lembar observasi pada siklus I yaitu sebesar 52,42% dan pada siklus II yaitu sebesar 83,03% terjadi peningkatan yang baik sebesar 30,61%. Pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan dikategori ≤ cukup sebanyak 2 siswa dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan dikategori ≤ cukup 32 siswa. Peningkatan komunikasi siswa perkelas dari siklus I dan siklus II yaitu sebanyak 30 siswa. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan komunikasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share di SDN 101744 Desa Klambir.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Think Pair and Share (TPS)en_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Pada Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Komunikasi Kelas V SDN 101744 Desa Klambiren_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi WINDY ANGGI FINISHH (1) (1).pdf4.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.