Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22041
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Ritonga, Windy Anggi | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-16T10:30:42Z | - |
dc.date.available | 2023-11-16T10:30:42Z | - |
dc.date.issued | 2023-08-28 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22041 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi siswa dengan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran PKN Kelas V SDN 101744 Desa Klambir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas V-A SDN 101744 Desa Klambir yang berjumlah 15 laki laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Peningkatan komunikasi siswa dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu sebesar 46,15% dan pada siklus II sebesar 92,31% yang berarti terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 46,16%. Nilai rata-rata pada komunikasi siswa berdasarkan lembar observasi pada siklus I yaitu sebesar 52,42% dan pada siklus II yaitu sebesar 83,03% terjadi peningkatan yang baik sebesar 30,61%. Pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan dikategori ≤ cukup sebanyak 2 siswa dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan dikategori ≤ cukup 32 siswa. Peningkatan komunikasi siswa perkelas dari siklus I dan siklus II yaitu sebanyak 30 siswa. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan komunikasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share di SDN 101744 Desa Klambir. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) | en_US |
dc.subject | Komunikasi | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Pada Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Komunikasi Kelas V SDN 101744 Desa Klambir | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi WINDY ANGGI FINISHH (1) (1).pdf | 4.38 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.