Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22026
Title: | PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS V SD AL-HIDAYAH |
Authors: | DONGORAN, SAHRAINI |
Keywords: | Video Animasi;Berbasis kearifan lokal |
Issue Date: | 15-Nov-2023 |
Abstract: | Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal siswa kelas V SD Al-Hidayah, mengetahui kevalidan media serta kepktisan yang diketahui respon dari guru dan siswa dengan adanya media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) Penelitian atau penelitian dan pengembangan menurut model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: potensi dan pertanyaan, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil dari penelitian ini adalah media video animasi yang dikembangkan berdasarkan kearifan lokal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi yang dikembangkan dengan model Borg and Gall dinyatakan efektif. Berdasarkan tingkat keefektifan media pembelajaran video animasi native penelitian, antara lain : 1) ahli media memperoleh presentase 95,31% dengan kategori “sangat valid”, 2) ahli bahasa memperoleh presenase 93,75% dengan kategori “sangat valid”, 3) ahli materi memperoleh presentase 95% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian kepraktisan media dari guru memperoleh 92,5% dengan kategori “sangat praktis” serta siswa yang didapatkan dari uji kepraktisan memperoleh presentase 91,6% dengan kategori “sangat praktis”. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22026 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI BORU DONGORAN FULL-1.pdf | Full Text | 8.8 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.