Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22022
Title: PENGARUH TEKNIK SKIMMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VIII A MTs PAB 2 SAMPALI
Authors: FIKRI, NURADI
Keywords: Metode Skimming;Hasil Belajar dan Budaya Islam
Issue Date: 15-Nov-2023
Abstract: Pendidikan merupakan sarana penting peningkatan kualitas sumber daya manusia yang menjamin keberlangsungan suatu bangsa, yaitu dengan adanya model pendidikan yang mampu menjadikan peserta didik cerdas dalam teori dan praktik keilmuan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses belajar mengajar. Skimming adalah tindakan mengambil intisari atau intisari suatu bacaan. Oleh karena itu, skimming berarti mencari halhal penting dari bacaan, yaitu gagasan pokok dan rincian penting. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimental. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dimana kuesioner akan dibagikan kepada responden. Lokasi penelitian ini adalah MTs PAB 2. Populasinya adalah seluruh siswa MTs PAB 2. Dengan demikian pengambilan sampel dilakukan menurut Grazi N Morgan, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 232 siswa. Metode skimming parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs PAB 2 Sampali. Diketahui dengan melihat hipotesis uji t bahwa nilai signifikan pengaruh metode skimming (X) terhadap variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 0,004<0,005 dan thitung sebesar 18,772>0,200 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar. murid(kamu).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22022
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
revisian sidang nf(1).pdfFull Text3.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.