Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22007
Title: IMPLEMENTASI PROGRAM ISLAMIC CHARACTER BUILDING (ICB) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMPIT NURUL AZMI MEDAN
Authors: Nur, Alfi Zan
Keywords: Program;Islamic Character Building
Issue Date: 15-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Islamic Character Building (ICB) Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMPIT Nurul Azmi Medan. Adapun yang menjadi tujuan dari Program Islamic Character Building ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Program Islamic Character Building di SMPIT Nurul Azmi Medan. 2) Untuk mendeskripsikan Tujuan Program Islamic Character Building di SMPIT Nurul Azmi Medan. 3) Untuk menganalisis Faktor-Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Program Islamic Character Building di SMPIT Nurul Azmi Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Islamic Character Building (ICB) di SMPIT Nurul azmi Medan merupakan program yang efektif untuk dilaksanakan dalam membentuk dan membangun karakter Islami siswa. Faktor pendukung dalam program ini yaitu kesiapan materi yang telah dirancang, ketersediaan sarana prasarana, adanya kerjasama antara kepala sekolah, guru dan orang tua, serta peran aktif siswa dalam mengikuti kegiatan program. Adapun faktor penghambat Kurangnya Sosisalisasi kepada tenaga pendidik baru tentang penggunaan Aplikasi yang mendukung Program Islamic Character Building (ICB) tersebut serta keterbatasan waktu bagi guru pembimbing dalam menyampaikan materi yang ada.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22007
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI alfififififi.pdfFull Text3.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.