Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21966
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHARAHAB, AHMAD RIFAI-
dc.date.accessioned2023-11-15T00:50:29Z-
dc.date.available2023-11-15T00:50:29Z-
dc.date.issued2023-11-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21966-
dc.description.abstractPada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis Discovery Learning materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dikelas VIII MTsN 1 Langkat yang beralamat di Jl. Pembangunan No.3 Desa Pekubuan. Kecamatan Tanjung Pura. Kabupaten Langkat. Sumatera Utara, mengetahui kevalidan bahan ajar serta keefektifan yang diketahui dari hasil Uji coba lapangan kepada peserta didik melalui LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Delopment (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan dan peneliti mengembangkan LKPD berbasis model discovery learning. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Tingkat kevalidan LKPD berbasis Discovery Learning antara lain: a) Validator dari dua ahli materi memperoleh presentasi 87% dengan kategori “valid tanpa revisi”, b) Validator ahli media memperoleh presentasi 93% dengan kategori “valid tanpa revisi”, Penilaian keefektifan LKPD berbasis Discovery Learning melalui Uji Efektifitas kepada peserta didik memperoleh hasil perhitungan Uji N-Gain Score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score adalah sebesar 0.67 termasuk dalam katagori ‘sedang’. Dengan nilai N-Gain score minimal 0.39 dan nilai N-Gain maksimal 1.00. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Discovey Learning efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).en_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery Learningen_US
dc.title“Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV Di Kelas VIII MTsN 1 Lagkat”en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Ahmad Rifai Harahab (1902030002).pdf5.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.