Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21943
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDongoran, Nurhayati Hikal-
dc.date.accessioned2023-11-14T13:01:38Z-
dc.date.available2023-11-14T13:01:38Z-
dc.date.issued2023-09-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21943-
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 37 Aek Raso khususnya berbicara, rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas III disebabkan oleh perasaan takut berpendapat, malu, ragu-ragu, penggunaan bahasa yang belum tepat dan lafalan kalimat yang masih kurang benar. Hal ini dibuktikan dengan kondisi awal nilai kemampuan berbicara siswa masih dibawah nilai KKM, dari 30 peserta didik hanya Sebagian kecil yang mencapai nilai KKM yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Penerapan metode pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 37 Aek Raso Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan berbicara peserta didik kelas III SD Negeri 37 Aek Raso dari sebelum dan sesudah mereka mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran Time Token. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 37 Aek Raso semester I tahun ajaran 2022/2023. Sampel terdiri dari 1 kelas yaitu kelas III SD Negeri 37 Aek Raso sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan sampling total dimana semua populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas setelah menggunakan metode Time Token adalah 75,1. Hasil analisa data untuk uji –t yang telah diuraikan bahwa Pada tabel nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,00. Maka terdapat pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode time token terhadap keterampilan berbicara siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectTime Tokenen_US
dc.subjectKeterampilan Berbicaraen_US
dc.titlePengaruh Metode Time Token terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri 37 Aek Rasoen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURHAYATI HIKAL DONGORAN.pdf5.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.