Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21938
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFadia, Athira-
dc.date.accessioned2023-11-14T11:10:56Z-
dc.date.available2023-11-14T11:10:56Z-
dc.date.issued2023-08-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21938-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Masalah yang sering didapatkan di sekolah dasar adalah guru masih menggunakan model konvensional sehingga siswa merasa bosan dan tidak bergairah untuk belajar. Penggunaan model akan membuat siswa lebih tertarik memerhatikan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu Guided Discovery Learning yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan membantu siswa dalam menemukan pengetahuan yang baru, dengan model penenemuan terbimbing ini, diharapkan dapat mengubah gaya belajar siswa, sehingga siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Guided Discovery Learning di sekolah dasar, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Guided Discovery Learning sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan memahami materi pecahan. Jumlah populasi yaitu 40 siswa yang terdiri atas dua kelas yang dimana kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Dan kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik simple sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Data dikumpulkan dengan pemberian pretest, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji validitas dan uji Reliabilitas dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji independent sample t test dengan sistem SPSS.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectguided discovery learningen_US
dc.subjectpembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Memahami Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ATHIRA_FADIA[1].pdf8.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.