Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21895
Title: MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101947 TANJUNG BULUH
Authors: ALFIKRI, RIYADI
Keywords: Kemandirian Belajar,;Metode Contextual Teaching And Learning
Issue Date: 14-Nov-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPS Di kelas IV SD Negeri 101947 Tanjung Buluh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan sebanyak 2 siklus. Siklus I dan siklus II. Dimana objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101947 Tanjung Buluh dengan jumlah siswa 20 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemandirian belajar, aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa berdasarkan aktivitas guru dan siswa pada saat proses pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 71,57% meningkat menjadi 80,71% pada siklus II. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68% meningkat menjadi 74,4% sedangkan ketuntasan hasil kemandirian belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata memperoleh nilai 66,6% (baik) meningkat menjadi 81,2% (sangat baik) pada siklus II. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 101947 Tanjung buluh.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21895
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKIRIPSI RIYADI ALFIKRI ACC_FIX-2.pdfFull Text3.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.