Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21887
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FADILLAH, UMMY | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-14T01:09:08Z | - |
dc.date.available | 2023-11-14T01:09:08Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-14 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21887 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga ada siswa yang terhambat dalam keterampilan literasi baca tulis siswa. Tidak menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa. Keterampilan literasi baca tulis siswa masih rendah, jadi perlu adanya metode untuk meningkatkan literasi baca tulis untuk siswa. Siswa takut bertanya, mengajukan argument, atau maju ke depan pada saat proses pembelajaran karena adanya hambatan dalam keterampilan literasi baca tulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode Team Game Tournament (TGT) terhadap kemampuan literasi baca tulis di kelas IV SD Bina Taruna Medan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar Observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) yaitu 72 banding 61. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji hipotesis (paired T-test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2- tailed) adalah 0,000 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap kemampuan literasi baca tulis di kelas IV SD Bina Taruna Medan. | en_US |
dc.subject | Model TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS DI KELAS IV SD BINA TARUNA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
UMMY FADILLAHH 2023 SKRIPSI-1.pdf | Full Text | 5.94 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.