Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21878
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIREGAR, PEBRI DAYANI-
dc.date.accessioned2023-11-14T00:54:01Z-
dc.date.available2023-11-14T00:54:01Z-
dc.date.issued2023-11-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21878-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di sekolah siswa mudah jenuh dan bosan ketika terjadinya proses pembelajaran dikelas dan aktivitas belajar matematika masih terus berjalan satu arah hanya mendengarkan dan mencatat saat guru menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 01 medanyang beralamat Jl. Demak No.3, Sei Renggas Permata, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20211. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi berjumlah 19 butir pernyataan yag valid. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas ahli, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t) dengan menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen siswa yang berjumlah 21 orang memperoleh jumlah skor 1220, sedangkan nilai tertinggi diperoleh 66 dan nilai terendah diperoleh 54 dengan skor rata-rata 58,09 kategori baik, sedangkan aktivitas belajar siswa di kelas kontrol siswa yang berjumlah 20 orang memperoleh jumlah skor 880, sedangkan nilai tertinggi diperoleh 58 dan nilai terendah diperoleh 32 dengan skor rata-rata 44 kategori cukup baik. Hasil pengujian hipotesis pada output dapat dilihat pada nilai sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulanya dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Game Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Game Based Learning (GBL)en_US
dc.subjectAktivitas Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_PEBRI DAYANI SIREGAR.pdfFull Text6.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.