Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21855
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRamadhani, Putri Ayu-
dc.date.accessioned2023-11-13T09:27:14Z-
dc.date.available2023-11-13T09:27:14Z-
dc.date.issued2023-09-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21855-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyimak menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan menggunakan media audio cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Terpadu Deli Insani yang berjumlah 31 siswa. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu post test dan non test. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Dimana tindakan yang dilakukan terdapat dua siklus dan empat pertemuan tatap muka persiklusnya. Dan prosedur penelitian ini meliputi tahap (a) perencanaan (b) tindakan (c) observasi (d) refleksi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan model pembelajan Inquiry dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Peningkatan nilai rata rata kemampuan menyimak cerita pendek pada tindakan siklus I meningkat sebesar 17,6% setelah dilakukan tindakan pada siklus II, dengan kondisi awal nilai rata-rata 62,5% meningkat menjadi 80,1%. Sementara itu untuk ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan sebesar 41,9%, pada kondisi awal saat dilakukan tindakan siklus I siswa yang tuntas hanya 41,9% atau sebanyak 13 dari 31 siswa yang tuntas, dan mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus II yaitu menjadi 83,8% atau sebanyak 26 dari 31 siswa yang tuntas. Dengan demikian pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa kelas IV SD Terpadu Deli Insani.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKemampuan Menyimaken_US
dc.subjectModel Pembelajaran Inkuiren_US
dc.subjectMedia Cerpen.en_US
dc.titleImplementasi Model Inkuiri dengan Media Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Siswa Kelas IV SD Terpadu Deli Insani.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PUTRI BARU_merged.pdf3.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.