Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21851
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBR BANGUN, EMIYA ISNAINI-
dc.date.accessioned2023-11-13T07:49:14Z-
dc.date.available2023-11-13T07:49:14Z-
dc.date.issued2023-11-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21851-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Medan yang beralamat di Jl. Jamin Ginting Km.8 Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran menggunakan model role playing dan kelas VII-B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif. Metode penelitian ini bersifat eksperimen menggunakan posttest only control design. Instrumen penelitian ini berupa tes lisan yaitu dengan menceritakan kembali teks fabel. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menceritakan kembali teks fabel dengan menggunakan model pembelajaran role playing memperoleh nilai rata-rata rata 85,93 kategori sangat baik dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 23 siswa dengan presentase 82,14% dan 51-75 berjumlah 5 siswa dengan presentase 17,86%. Sedangkan kemampuan menceritakan kembali teks fabel menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan nilai rata-rata 61,97 kategori baik dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 3 orang dengan presentase 8,33% dan 51-75 berjumlah 33 siswa dengan presentase 91,67%. Berdasarkan pengujian hipotesis nilai uji t maka diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 12,75 > 1,670 sehingga H๐‘Ž pada penelitian ini terbukti dan diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan tahun pembelajaran 2022/2023.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Role Playing,en_US
dc.subjectMenceritakan Kembali Teks Fabelen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EMIYA ISNAINI BR BANGUN[1]-3.docxFull Text7.23 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.