Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21800
Title: ANALISIS PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT RAKYAT (STUDI KASUS : DI DESA MARJANJI, KECAMATAN SIPISPIS)
Authors: IRZAM, FIRLANA
Keywords: Kelapa sawit, Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, Share Margin dan Efisiensi Pemasaran.
Issue Date: 13-Oct-2023
Abstract: Irzam Firlana (1804300102) dengan judul penelitian Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Rakyat (Studi Kasus: Di Desa Marjanji Kecamatan Sipispis). Selama penelitian penulis dibimbing oleh Bapak Muhammad Thamrin. S.P., M,Si., selaku ketua komisi dan Bapak Ir. Dewa Putu Siantara, M.MA., selaku anggota komisi pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran tandan buah segar kelapa sawit rakyat, untuk menganalisis marjin pemasaran, share margin dan Efisiensi pemasaran tandan buah segar kelapa sawit rakyat di daerah penelitian. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari petani dan pedagang kelapa sawit. Analisis data menggunakan analisis saluran pemasaran, marjin, share margin dan Efisiensi pemasaran. Terdapat dua bentuk saluran pemasaran kelapa sawit pada penelitian ini yaitu: petani-Pedagang Pengumpul-RAM-Pabrik, dan petani -RAM -pabrik. Hasil penelitian yang dilakukan di daerah penelitian menunjukkan share margin pada saluran pertama sebesar 84,2% dengan marjin pemasaran Rp320 dan share margin pada saluran pemasaran kedua sebesar 94,1%. dengan marjin pemasaran sebesar Rp120. Efisiensi pemasaran pada setiap saluran pemasaran termasuk dalam katagori efisien karena nilai efisiensi dibawah 50% yaitu dengan nilai efisiensi setiap saluran pemasaran sebesar 11,14% pada saluran pertama dan 1,2% pada saluran kedua.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21800
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IRZAM FIRLANA 1804300102.pdf1.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.