Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21768
Title: Analisis Perbandingan Peran BK di Sekolah Ramah Anak pada Siswa SMP Negeri 38 Medan dengan SMP Sinar Husni Medan
Authors: Hasanah, Anisa
Keywords: Peran BK, Sekolah Ramah Anak
Issue Date: 15-Sep-2023
Abstract: Guru bimbingan konseling adalah seorang guru yang bertugas memberikan bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan professional sehingga seorang guru bimbingan konseling harus berusaha menciptakan komunikasi yang baik dengan murid dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup. Peran guru BK sangat berpengaruh terhadap tercapainya kemandirian maupun pengembangan karakter peserta didik serta pengembangan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara Peran BK di Sekolah Ramah Anak Pada Siswa SMP Negeri 38 Medan dengan dengan SMP Sinar Husni Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 38 Medan dengan SMP Sinar Husni Medan. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model rating scale. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase. Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji t. Temuan penelitian ini: (1) menurut perspektif siswa terhadap peran BK di SMP Negeri 38 Medan, siswa secara rata-rata berada pada kategori sangat tinggi, (2) menurut perspektif siswa terhadap peran BK di SMP Sinar Husni Medan, siswa secara rata-rata berada pada kategori sedang, dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara perspektif siswa terhadap peran BK pada sekolah ramah dengan sekolah konvensional.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21768
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ANISA HASANAH.pdf5.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.