Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21756
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Rani Hikma Yudi-
dc.date.accessioned2023-11-10T11:04:49Z-
dc.date.available2023-11-10T11:04:49Z-
dc.date.issued2023-08-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21756-
dc.description.abstractTujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas X di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif, yaitu strategi penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Dalam penelitian ini, peneliti membagi objek dan subjek yang diteliti menjadi Pre Test dan Post Test. Populasi dala mpenelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 7 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 orang siswa. Dari hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) siswa pada Pembelajaran PPKN Materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI Kelas X SMAN 7 Medan sudah cukup baik. Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran PPKN Materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI Kelas X SMAN 7 Medan sudah semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari semakin kreatifnya siswa dalam mempelajari PPKN dalam materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) (X) terhadap variabel hasil belajar siswa (Y), artinya bahwa ada pengaruh atau hubungan yang searah antara strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa secara nyata.Jadi, sekolah harus memperhatikan implikasi antara variable strategi pembelajaran curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas X SMA N 7 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RANI LUBIS.pdf5.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.