Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21744
Title: PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI TERHADAPKEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH08MEDAN
Authors: Sukawati, Deby
Keywords: Media Interaktif Berbasis Animasi TerhadapKemampuan Membaca Siswa
Issue Date: Aug-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmediainteraktif berbasis animasi terhadap kemampuan membacasiswakelas Ⅱ-D SD Muhammadiyah 08 Medan. Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen dengan rancangan kelompok onegrouppretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswakelas Ⅱ-D SD Muhammadiyah 08 Medan yang berjumlah 30orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu samplingjenuhdimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknikpengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkanhasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakanmediainteraktif berbasis animasi lebih tinggi dibandingkan nilai rata-ratasiswa tanpa menggunakan media interaktif berbasis animasi yaitu230,75 banding 396,75. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelummenggunakan media interaktif berbasis animasi 32. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan media interaktif berbasis animasi adalah 53. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (PairedSample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan diterimadanditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengandemikian terdapat pengaruh media interaktif berbasis animasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas Ⅱ-DSDMuhammadiyah 08 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21744
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_DEBY SUKAWATI (1).pdf37.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.