Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21735
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARI, NAILA-
dc.date.accessioned2023-11-09T07:54:25Z-
dc.date.available2023-11-09T07:54:25Z-
dc.date.issued2023-09-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21735-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode wahdah dalam hafalan al-Qur’an pada siswa di SMP IT Darul Fikri, untuk mendeskripsikan evaluasi dari pelaksanaan metode wahdah dalam hafalan alQur’an pada siswa di SMP IT Darul Fikri dan untuk mendeskripsikan hambatan pelaksanaan metode wahdah dalam hafalan al-Qur’an pada siswa di SMP IT Darul Fikri.Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif. Proses dan makna atau perspektif subjek pada penelitian kualitatif lebih ditonjolkan, dibandingkan pada penelitian kuantitatif. Dalam penelitian kualitatif, landasan teori dimanfaatkan oleh peneliti sebagai pemandu, agar proses penelitian lebih fokus dan sesuai dengan fakta yang ditemui di lapangan. Adapun jenis penelitian adalah deskriptif. Metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif serta cenderung menggunakan analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program tahfizh Al-Qur’an telah terlaksana dengan cukup baik, hasil perencanaan program tahfizh Al-Qur’an dengan metode wahdah di SMP IT Darul Fikri diantaranya menetapkan sasaran, menetapkan tujuan, menentukan strategi tahfizhul Qur’an, merumuskan dan menentukan metode tahfizhul Qur’an serta mengadakan evaluasi perencanaan. Meskipun demikian, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan program tahfizh yaitu lebih dipertimbangkan lagi dalam menetapkan ukuran kelompok halaqah bagi siswa Darul Fikri karena kelompok halaqah yang efektif itu terdiri dari 5 sampai 7 orang, serta dalam menetapkan metode tahfizhul Qur’an perlu dipertimbangkan secara matang karena metode yang digunakan memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menghafal Al-Qur’an sesuai dengan target yang ditentukan.en_US
dc.subjectMetode Wahdah, Program Menghafal Al-Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Metode Wardah pada Program Menghafal Al-Quran di SMP IT Darul FikriImplementasi Metode Wardah pada Program Menghafal Al-Quran di SMP IT Darul Fikri14en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi_Naila Sari.pdf3.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.