Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21719
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUPRAPTO, KHOLILATUL MAIMANAH-
dc.date.accessioned2023-11-09T06:34:57Z-
dc.date.available2023-11-09T06:34:57Z-
dc.date.issued2023-09-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21719-
dc.description.abstractPenelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA1 berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI IIS berjumlah 27 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah postest only control design dengan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis unsur-unsur drama dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,241 dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 86-100 kategori sangat baik sebanyak 26 orang (90%), dan siswa yang memperoleh nilai 76-85 kategori baik sebanyak 3 orang (10%). Selanjutnya, kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur drama menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,556 dengan kategori cukup. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang memperoleh nilai 76-85 kategori baik sebanyak 5 orang (20%), siswa yang memperoleh nilai 66-75 kategori cukup sebanyak 17 orang (64%), dan siswa yang memperoleh nilai 46-65 kategori kurang sebanyak 4 orang (16%). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 11,233. Harga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan df = 𝑛1 + 𝑛2 - 2 = 54 maka diperoleh 𝑑ta𝑏𝑒𝑙 = 2,000. Dengan kata lain, diketahui π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > 𝑑ta𝑏𝑒𝑙 yaitu 11,233 > 2,000 maka π»π‘Ž diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan menganalisis unsurunsur drama oleh siswa kelas XI SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.en_US
dc.subjectModel pembelajaran SAVI, unsur-unsur dramaen_US
dc.titleP E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N S A V I ( S O M A T I C, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_KHOLILATUL.pdf5.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.