Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21671
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Budi Agung |
Authors: | ULAYYA, ELVIRA |
Keywords: | Cooperative Ingtegrated Reading and Composition, Kemampuan Berhitung |
Issue Date: | Aug-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berhitung siswa kelas III SD Budi Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Budi Agung yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition yaitu 57 banding 82. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC yaitu 80. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition yaitu 100. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis mengguunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0, 000 ≤ 0, 05 maka dapat dikatakan Ha diterima H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III SD Budi Agung |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21671 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_ELVIRA ULAYYA-PGSD.pdf | 6.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.