Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21645
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCINDY EKA WARDANI-
dc.date.accessioned2023-11-03T03:42:06Z-
dc.date.available2023-11-03T03:42:06Z-
dc.date.issued2023-08-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21645-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembalajaran digital book menggunakan flip PDF corporate pada materi bangun datar kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dan metode R&D dengan tahapan-tahapan pengembangan yaitu: (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Subjeknya adalah siswa kelas VII-5 dengan jumlah 30 orang siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah bangun datar, Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket respons peserta didik. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek kevalidan berdasarkan skor validasi oleh dua orang validator, yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli media, aspek kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran berbasis ralistik. Hasil penelitian dari validasi ahli media dan ahli materi sangat baik maka dapat disimpulkan bahwa menurut kedua validator bahan ajar layak digunakan. Hasil penelitian ketuntasan belajar individu siswa diperoleh dari hasil tes yaitu pretest dan posttest. Data yang diperoleh dari pretest untuk ketuntasan individu, terdapat 9 dari 30 orang siswa yang tuntas sedangkan pada hasil post test mengalami peningkatan dari hasil yang sebelumnya. Untuk ketuntasan individu, terdapat 26 yang tuntas dari 30 siswa. Sedangkan hasil dari tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika 17 orang siswa dari 30 orang siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, sedangkan 13 orangnya lagi memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang. Hasil penelitian yang diperoleh dari angket respon siswa 86% dengan kategori sangat menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-book matematika bangun datar dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa.en_US
dc.subjectbahan ajar, kemampuan pemecahan masalah, bangun dataren_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CINDY EKA WARDANI.pdf4.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.