Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/216
Title: Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Smp Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pelajaran 20192020
Authors: Latifah, Ummi
Keywords: Efektivitas;model pembelajaran Experiential Learning
Issue Date: 20-Aug-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Experiential Learning efektif terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Experiential Learning terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun pelajaran 2019/2020 ditinjau dari hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif menggunakan rancangan pra-eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu kelas VII A berjumlah 44 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah soal tes bentuk uraian dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh rata-rata pretest kelas VII A sebesar 44,6591 dan rata-rata posttest sebesar 83,1818. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 56% dan pada pertemuan kedua sebesar 77%, sehingga rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 66,5% yang termasuk dalam kategori aktif. Dari hasil uji gain, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,7318 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Experiential Learning terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun pelajaran 2019/2020 efektif ditinjau dari hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/216
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.