Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21587
Title: PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI SMK TAMANSISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: AFIFAH, SILVIA
Keywords: Kematangan Karir;Bimbingan Kelompok
Issue Date: 18-Oct-2023
Abstract: Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir siswa di SMK Tamansiswa Medan, yang sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut dan laporan di SMK Tamansiswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut serta laporan di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, adapun yang menjadi objek dalam penelitian adalah siswa sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa: Penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir siswa di SMK Tamansiswa Medan telah dilakukan dengan baik dan terstruktur sesuai dengan aspek-aspek yang ada yaitu: Identifikasi kebutuhan informasi bagi siswa, menetapkan materi, menetapkan subjek sasaran layanan, menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan serta menyiapkan kelengkapan administrasi, sedangkan penerapan layanan bimbingan kelompok yang diberikan dapat berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan aspek-aspek kematangan karir yaitu: perencanan karir, eksplorasi karir, pengambilan keputusan karir, informasi dunia kerja dan pengetahuan tentang kelompok kerja yang disukai. Temuan berikutnya pada tahap evaluasi dilaksanakan secara lisan saja, pada tahap evaluasi ini dilaksanakan dengan baik sesuai degan aspek-aspek evaluasi yaitu: menetapkan materi evaluasi, menetapkan prosedur evaluasi, menyusun instrument evaluasi, mengaplikasikan instrumen evaluasi dan mengolah hasil aplikasi instrumentasi. Pada tahap analisis hasil evaluasi dilakukan secara langsung saja yang sesuai dengan aspek-aspek analisis hasil evaluasi yaitu: menetapkan norma/standar evaluasi, melakukan analisis dan menafsirkan hasil analisis. Pada tahap tindak lanjut dilakukan jika siswa tersebut belum mengerti dengan materi yang diberikan dan tindak lanjut ini akan dilanjutkan oleh guru BK sesuai dengan aspek-aspek yang ada pada tahap tindak lanjut. Jadi penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir di SMK Tamansiswa telah dilaksanakan dengan baik dan terstruktur sesuai dengan tahap-tahap yang telah ditetapkan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21587
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SILVIA AFIFAH..pdfFull Text4.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.