Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21582
Title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWUDHU DENGAN METODE DEMONSTRASI ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT SMP DI SLB NEGERI BINJAI
Authors: Aulia, Tia
Keywords: Metode Demonstrasi;Tunagrahita
Issue Date: 18-Oct-2023
Abstract: Metode demonstrasi adalah merupakan sistem pembelajaran yang mempraktikkan dan menunjukkan langsung tentang sesuatu yang dipelajari oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak tunagrahita dalam tata cara berwudhu. Siswa sudah mengenal wudhu, namun kalau anak diminta mempraktikkan langkah-langkah berwudhu, siswa sering tidak berurutan sesuai langkah-langkah wudhu dan bahkan terkadang siswa melupakan salah satu langkahnya. Dipilihnya tata cara berwudhu karena sebagai umat Islam sholat merupakan kewajiban yang harus kerjakan, tanpa wudhu yang benar maka sholat tidaklah sah. Oleh karena itu, untuk memudahkan pembelajaran bagi siswa, peneliti akan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berwudhu melalui metode demonstrasi pada siswa tunagrahita dikelas IX SLB Negeri Binjai. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan pengamatan awal dan setelah adanya siklus I, II, dan III kegiatan pembelajaran berwudhu dengan metode demonstrasi bagi siswa tunagrahita dapat dikatakan berhasil. Hal ini dapat terlihat di SLB Negeri Binjai menunjukan peningkatan keberhasilan siswa pada Pra Siklus mencapai 22,89% , pada Siklus I mencapai 29,16% , pada Siklus II mencapai 65,27% dan pada Siklus III mencapai 85,68%
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21582
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Tiaa (2) (1).pdfFull Text4.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.