Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21567
Title: IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN
Authors: Jana, Azhari
Keywords: Pembinaan;Karakter;Siswa
Issue Date: 21-Sep-2023
Abstract: Pendidikan karakter merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan di Indonesia. Perhatian pemerintah terhadap pendidikan karakter bukanlah suatu hal yang baru, melainkan menempatkan pendidikan pada proporsi yang sesungguhnya, sebab kedepannya bangsa indonesia akan dipegang oleh generasi yang kini masih berada di jenjang pendidikan. Pendidikan karakter menjadi penting untuk dihadirkan dalam setiap aktivitas pendidikan agar dapat mengeluarkan individu-individu yang memiliki karakter yang baik. Akibat kurang nya pendidikan karakter berdampak kepada generasi penerus bangsa yang menghadapi tantangan cukup berat, khususnya bagi pendidikan karakter bangsa indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai Implementasi Program Pembinaan Karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian dilakukan berdasarkan survei sesuai kondisi yang terjadi dilapangan. Alat pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam melalui program pembinaan karakter dengan menerapkan shalat berjama’ah, apel pagi, malam ibadah, tahsin tilawah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), upacara bendera, tadabbur alam, fardhu kifayah, dan infaq jum’at sangat baik dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan pembinaan karakter yang dilakukan secara berulang-ulang.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21567
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi-8.pdfFull Text3.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.